Loading...
Obat pilek anak 1 tahun - Nutriclub
Imunitas

15 Obat Pilek Anak 1 Tahun yang Alami

Disusun oleh: Tim Penulis

Diterbitkan: 12 Juli 2024


  • Daftar Obat Pilek untuk Anak 1 Tahun yang Alami
  • Kapan Harus ke Dokter Bila Anak Masih Pilek?

Sistem imun anak 1 tahun yang belum sempurna membuatnya lebih rentan terkena pilek. Untuk meringankan gejalanya, ada berbagai obat pilek anak 1 tahun alami yang bisa Mama berikan.

Daftar Obat Pilek untuk Anak 1 Tahun yang Alami

Saat anak pilek, Mama tak perlu terburu-buru membawanya ke dokter. Ada ragam pilihan obat pilek alami anak yang bisa diberikan untuk bantu meredakan gejala yang dialami, yaitu:

1. Air Hangat

Minum air hangat dapat bantu meringankan gejala pilek anak di atas usia 1 tahun. Caranya, dengan mengencerkan lendir pada hidungnya yang tersumbat. 

Minta si Kecil untuk sering minum air hangat saat ia pilek. Selain meredakan gejala pilek, langkah ini juga bantu ia agar tidak dehidrasi yang justru memperparah kondisi yang dialami. 

2. Probiotik

Konsumsi probiotik sebagai obat pilek anak 1 tahun ternyata sangat penting untuk memperkuat imunitas agar lebih cepat sembuh sekaligus meredakan gejala. 

Tak hanya itu, rutin mengonsumsi probiotik dapat mencegah agar tidak muncul lagi di kemudian hari. Mama dapat berikan probiotik dalam bentuk yogurt, kefir, tempe, dan lainnya. 

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan mengandung prebiotik yang mampu memperkuat imunitas tubuh si Kecil melalui perut. 

Tak hanya itu, bawang putih dapat bantu memaksimalkan pertumbuhan bakteri baik (probiotik) pada usus anak. 

Mama dapat menambahkan cacahan bawang putih kasar pada menu makanan si Kecil sehari-hari guna membantu meringankan gejala pileknya. 

4. Madu

Manfaat madu untuk anak ternyata dapat meredakan gejala pilek. Ini karena terdapat zat antimikroba di dalamnya yang dapat membunuh virus dan bakteri penyebab pilek.

Mama bisa campurkan ½ sendok teh madu ke dalam gelas berisi air hangat. Mama juga dapat menambahkan madu dalam minuman lainnya seperti air lemon atau rebusan air jahe hangat.

5. Air Perasan Lemon

Air perasan lemon merupakan salah satu obat pilek anak 1 tahun yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuhnya. 

Minum air perasan lemon hangat juga dapat mengencerkan lendir pada hidung dan dahak yang terdapat di tenggorokan.

Cukup campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air putih hangat. Tambahkan sedikit madu, bila perlu, untuk menambah cita rasa manis.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Flu pada Anak Tanpa Obat

6. Air Jahe Hangat

Obat pilek anak 1 tahun berikutnya adalah jahe. Tidak hanya meringankan gejala pilek, jahe dapat mencegah rasa mual yang muncul karena si Kecil sering membuang ingus. 

Mama cukup mendidihkan beberapa ruas jahe yang sudah diparut. Saring airnya. Diamkan beberapa saat sampai suhunya tidak terlalu panas sebelum memberikannya pada si Kecil. 

7. Larutan Air Garam

Buatlah larutan air garam sebagai obat tradisional pilek untuk anak. Air garam dapat meringankan gejala pilek dengan melegakan dan mengeluarkan lendir di hidung. 

Caranya, campurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas berisi air hangat. Minta ia untuk berkumur air garam dengan cara menengadahkan kepalanya sedikit ke atas dan buang setelahnya. 

8. Sup Ayam Hangat 

Saat anak pilek, Mama dapat memberikan sup ayam hangat guna melegakan jalan napasnya. 

Kandungan protein dari daging ayam, serta vitamin dan mineral dari sayuran dapat bantu memperkuat imun si Kecil. Dengan demikian, pilek anak bisa lebih cepat sembuh. 

9. Susu Hangat

Meski bukan obat pilek anak 1 tahun yang utama, kandungan nutrisi pada susu dapat bantu memperkuat imunitas tubuh dalam melawan infeksi virus penyebab pilek. 

Oleh karena itu, Mama dapat memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 3. Diperkaya prebiotik FOS:GOS 1:9 serta DHA & EPA lebih tinggi dirancang secara saintifik dan teruji klinis bantu perkuat imunitas si Kecil.

Dilengkapi pula oleh 12 vitamin dan 9 mineral penting untuk bantu tumbuh kembang si Kecil agar siap jadi pemenang di masa depan. 

10. Daun Peppermint

Daun peppermint memiliki kandungan zat mentol yang cara kerjanya serupa dengan obat dekongestan.

Mentol pada daun peppermint dan dekongestan bisa bantu mengencerkan lendir yang kerap membuat hidung anak tersumbat saat pilek. 

Cara memberikannya pada si Kecil, Mama bisa menyeduh beberapa helai daun peppermint ke dalam segelas air hangat.

Baca Juga: Ciri-Ciri Imun Tubuh Anak Lemah yang Perlu Diwaspadai

11. Kunyit

Obat pilek anak 1 tahun berikutnya adalah kunyit. Jenis rempah-rempah satu ini mengandung zat antivirus yang dapat bantu melegakan saluran napas si Kecil akibat pilek. 

Mama dapat memasukkan irisan kunyit yang sudah diiris tipis-tipis ke dalam segelas susu hangat, atau melarutkannya ke dalam air hangat yang ditambahkan 2 sendok teh madu.

12. Wortel

Wortel juga dikenal sebagai obat pilek tradisional untuk anak. Kandungan berbagai nutrisi, termasuk beta karoten, sangat penting untuk memperkuat imunitas tubuh si Kecil. 

Mama dapat mengolah wortel menjadi berbagai macam menu makanan anak yang menggiurkan. Mama juga bisa mengolah wortel menjadi minuman smoothies menyegarkan.

13. Echinacea

Sejumlah hasil studi menyebutkan bahwa konsumsi echinacea dapat mengurangi gejala dan tingkat keparahan pilek pada anak. 

Ini karena echinacea mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu anak punya imunitas yang baik sehingga mampu melawan infeksi penyebab penyakit saluran pernapasan, termasuk pilek. 

14. Ginseng

Obat pilek anak 1 tahun ini diketahui dapat mempercepat proses penyembuhan karena zat antimikroba di dalamnya dapat memperkuat daya tahan tubuh. 

Dengan begitu, tubuh si Kecil dapat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit secara maksimal. 

15. Makanan Tinggi Vitamin D

Memberikan makanan tinggi vitamin D pada anak dapat bantu meningkatkan imunitas tubuh. Seperti ikan salmon, telur, oatmeal, brokoli, hingga susu pertumbuhan terfortifikasi. 

Untuk memaksimalkan asupan vitamin D dan meredakan gejala pilek yang dialami, Mama bisa mengajak si Kecil berjemur di pagi hari.

Baca Juga: Selain Gampang Sakit, Ini 10 Ciri Imun Anak Lemah yang Perlu Diwaspadai

Kapan Harus ke Dokter Bila Anak Masih Pilek?

Anak perlu segera dibawa ke dokter jika kondisinya tak kunjung membaik walaupun sudah diberikan obat pilek alami. Pun apabila ia menunjukkan gejala gangguan kesehatan berikut:

  • Pilek tak kunjung sembuh disertai batuk.
  • Demam tinggi lebih dari 3 hari. 
  • Sakit kepala parah. 
  • Sakit tenggorokan parah. 
  • Muncul tanda-tanda dehidrasi. 
  • Anak tampak rewel. 
  • Anak tidak mau makan dan minum. 
  • Perubahan warna kulit dan bibir. 
  • Sulit bernapas disertai tanda-tanda cuping hidung melebar setiap kali anak menarik napas, napas tampak memburu, mengi, serta tulang rusuk terlihat di setiap tarikan napasnya.

Masih punya pertanyaan atau kekhawatiran tertentu mengenai kondisi si Kecil yang gampang sakit? Jangan ragu menghubungi Nutriclub Expert Advisors yang siap 24 jam menjawab pertanyaan Mama. 

Dapatkan pula berbagai informasi mengenai panduan mendukung imunitas tubuh anak dengan mengunduh gratis E-Book Eksklusif Nutriclub.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Jovinally, J. (2023, February 28). Cold and Flu Home Remedies. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies#ginger
  2. Richards, L. (2020, April 6). Is apple cider vinegar an effective cold remedy? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/apple-cider-vinegar-for-colds#how-it-might-work
  3. WebMD. (2008, February 12). Children and the Flu. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/children-and-flu-influenza
  4. Colds (for Parents). (2020). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/cold.html
  5. Romita P. (2019, June 25). 11 Home Remedies for Cold and Flu in Babies & Kids. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/13-home-remedies-for-cold-and-flu-in-babies-kids/
  6. Medicover Hospitals. (2024). 8 Home Remedies For Cold and Cough For Kids. Best Hospitals in India | Medicover Hospitals. https://www.medicoverhospitals.in/articles/8-home-remedies-for-cold-and-cough-in-kids
  7. Peppermint Information | Mount Sinai - New York. (2016). Mount Sinai Health System. https://www.mountsinai.org/health-library/herb/peppermint
  8. WebMD. (2005, September 30). 14 Natural Treatment Tips for Colds and Flu. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/14-tips-prevent-colds-flu-1
Artikel Terkait