Loading...
cemilan anak 1 tahun - nutriclub.
Nutrisi

15 Camilan Anak 1 Tahun yang Tinggi DHA dan Prebiotik

Disusun oleh: Tim Penulis

Diterbitkan: 15 Juli 2024


Anak 1 tahun sudah mulai mulai terpapar jajanan di luar rumah. Namun, lebih baik biasakan berikan camilan anak 1 tahun yang bergizi dan higienis agar si Kecil tidak mudah sakit.

Pilihan Camilan Anak 1 Tahun yang Bergizi

Camilan bisa melengkapi gizi anak dari menu makanan utama. Sebisa mungkin hadirkanlah camilan tinggi DHA dan prebiotik untuk optimalkan kecerdasan otak dan perkuat imunitasnya.

1. Apple Banana Yogurt Bark

Ketimbang membelikan coklat batangan, Mama bisa bekukan greek yogurt yang tinggi probiotik yang kalsium di atas baking tray dengan irisan buah sumber serat prebiotik seperti pisang atau apel.

Setelah dibekukan semalaman, retakkan permukaannya agar bisa digenggam si Kecil. Agar rasanya tidak terlalu asam untuk anak-anak, Mama bisa tambahkan maple syrup atau madu.

Pilih varian greek yogurt plain (tanpa tambahan gula dan perisa). Makanan sumber prebiotik dan probiotik meningkatkan bakteri baik di usus untuk menjaga sistem imun anak optimal.

2. Mushroom Pizza

Pizza bisa Mama berikan sebagai camilan anak 1 tahun yang gurih. Panggang flatbread gandum (roti pipih tanpa fermentasi) di oven selama 8-10 menit sampai pinggirannya keemasan.

Untuk topping, tumis jamur kancing putih bersama bombay dengan minyak zaitun sampai keemasan. Setelah jadi, oles permukaan pizza dengan olive oil, taburi keju cheddar, dan tumisan jamur.

Roti gandum, bombay, dan jamur adalah sumber prebiotik untuk menguatkan imun, keju tinggi probiotik dan kalsium, sedangkan olive oil mengandung DHA & EPA untuk otak.

3. Bola-Bola Salmon

Untuk bantu penuhi kebutuhan protein, zat besi, dan omega-3 anak, Mama bisa buatkan bola-bola salmon yang bentuknya mirip gorengan bakwan.

Caranya, buat adonan dari daging salmon suwir, bawang putih dan bombay cincang, tepung almond, garam dan merica, serta mustard. Bulat-bulatkan seukuran genggaman anak, bekukan selama 15 menit.

Lapisi semua bola-bola salmon beku dengan tepung panko, lalu goreng dengan sedikit minyak zaitun. Sajikan hangat-hangat.

Baca Juga: 8 Jenis Ikan Tinggi DHA dan Omega-3 untuk Kecerdasan Otak Anak

4. Calamari & Onion Rings

Kandungan DHA pada cumi lebih tinggi dibandingkan makanan laut lainnya. Sementara itu, bombay mengandung inulin dan FOS yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Iris cumi dan bawang bentuk cincin, lalu lumuri cumi dengan air lemon. Celupkan cumi dan bawang bombay di kocokan kuning telur, lapisi dengan terigu. Celupkan ke dalam susu dan lapisi lagi dengan tepung.

Goreng diatas wajan dengan olive oil, lalu sajikan hangat-hangat bersama greek yogurt plain sebagai saus cocolan. Yogurt tinggi kalsium dan probiotik yang bagus untuk anak.

5. Sugar Free Tanghulu

Jajanan tanghulu (sate buah-buah-buahan yang dilapis gula beku) belakangan viral di sosial media. Sebagai camilan anak 1 tahun, berikan tanghulu versi tanpa gula yang lebih sehat.

Caranya, tusuk potongan buah apel, kiwi, dan blueberry di tusuk sate lalu bekukan semalaman. Rendam sate dalam wadah berisi air dingin dan es batu selama 1 menit hingga terbentuk lapisan es di permukaanya.

Buah apel, kiwi, dan blueberry adalah sumber serat prebiotik yang cukup tinggi. Mama juga bisa ganti pilihan buahnya dengan pisang, semangka, dan grapefruit.

6. Roti Gulung Alpukat 

Kalau si Kecil sedang susah makan nasi, tidak usah khawatir. Mama bisa berikan camilan roti isi alpukat yang kaya omega-3 ALA dan madu yang kaya prebiotik.

Blender alpukat dan madu sampai halus. Sementara menunggu, olesi bagian atas roti tawar gandum dengan telur kocok. Oles “selai” alpukat di atas roti, lalu gulung. Celupkan roti gulung dalam kocokan telur.

Bekukan dalam freezer sekitar 1,5 jam, lalu goreng sampai roti sedikit kecoklatan. Potong-potong sesuai selera, lalu Mama bisa tambahkan parutan keju dan choco chips.

Baca Juga: 10 Makanan Anak yang Sehat dan Bernutrisi

7. Keripik Nori Panggang

Anak-anak pasti suka dengan nori alias lembaran rumput laut kering yang biasa dijadikan pembungkus sushi. Rumput laut adalah salah satu dari sedikit makanan sumber nabati yang mengandung DHA dan EPA.

Untuk camilan anak 1 tahun, Mama bisa sajikan nori sebagai keripik pengganti potato chips kemasan. Buat adonan tepung tempura dengan air, lalu iris-iris lembaran nori menjadi persegi kecil-kecil.

Celupkan setiap lembaran nori ke adonan tempura, lalu goreng di api kecil selama 3 menit atau sampai renyah keemasan. Taburi dengan sedikit kaldu jamur bubuk untuk menambah rasa.

8. Pisang Keju Aroma

Jika si Kecil sedang ingin camilan manis, coba sajikan yang satu ini. Caranya, belah dua kulit pangsit menggunakan pisau lalu potong keju dan pisang memanjang seukuran lebar kulit pangsit.

Taruh keju dan pisang di atas kulit pangsit dan tambahkan sedikit gula. Gulung, dan rekatkan ujungnya dengan putih telur. Goreng hingga kecoklatan dan gula meleleh jadi karamel.

Selain pasti enak, camilan ini mengandung kombinasi prebiotik dari pisang dan madu serta probiotik dan sumber kalsium dari keju. 

9. Roti Telur Goreng Isi Salmon

Salmon tidak harus selalu dijadikan lauk teman makan nasi, lho. Mama bisa buat sandwich goreng isi fillet salmon. Sajikan bersama susu Nutrilon Royal 3 sebagai camilan anak 1 tahun.

Caranya, baluri dua buah roti gandum bolak-balik dengan kocokan telur yang sudah dibumbui sedikit garam. Goreng roti dengan butter di atas wajan api sedang sampai keemasan.

Potong salmon jadi fillet tipis, lalu tumis dengan bawang merah dan bawang putih. Susun fillet salmon di atas roti goreng dan tutup lagi dengan roti. Potong jadi empat bagian, lalu sajikan.

10. Cinnamon Apple

Agar si Kecil mau makan buah segar, coba variasi dengan cara yang menarik. Misalnya dengan menaburkan bubuk kayu manis di atas potongan apel malang yang manis.

Potong apel malang tipis-tipis agar mudah digenggam si Kecil, lalu tumis sebentar di wajan dengan olive oil sampai agak coklat. Beri sedikit air dan rebus sampai teksturnya lunak.

Sisihkan dan tunggu sampai hangat, lalu taburi bubuk kayu manis. Apel tinggi serat pektin yang berfungsi sebagai prebiotik di dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Buah Penambah Imun Tubuh Anak

11. Stik Tempe Saus Keju

Tempe adalah salah satu sumber prebiotik dari makanan nabati yang paling mudah ditemukan di pasaran. Supaya si Kecil mau mencoba tempe, kreasikan jadi camilan yang kids-friendly, yuk!

Potong tempe memanjang seukuran jari telunjuk Mama, lalu celupkan di adonan tepung terigu dan air yang sudah dibumbui garam. Lapisi stik tempe dengan tepung roti, lalu simpan di kulkas selama 30 menit.

Goreng sampai kecoklatan. Sementara itu, lelehkan keju cheddar untuk saus cocolan. Sajikan hangat-hangat.

12. Telur Gulung Jajanan SD

Selain tinggi zat besi dan protein, telur tinggi omega-3 dari DHA dan kolin yang bagus untuk perkembangan otak anak. Kocok lepas 2-3 butir telur dan tambahkan sedikit kaldu jamur bubuk.

Dalam gelas berisi air, masukkan tepung tapioka lalu aduk rata. Tuang air tapioka ke dalam kocokan telur tadi, lalu aduk sampai semua bahan tercampur rata. 

Panaskan wok dengan minyak banyak, tunggu sampai minyak benar-benar panas. Masukkan 1 centong sayur adonan telur ke dalam wajan, tunggu sebentar lalu gulung tusuk sate di atas telur. 

13. Leche Frita (Susu Goreng)

Leche frita adalah nama dessert asal Spanyol yang cocok untuk camilan anak 1 tahun karena bahan utamanya dari susu. 

Aduk maizena, tepung serbaguna, dan gula dalam wadah besar, lalu tambahkan 250 mililiter susu. Aduk rata dan diamkan sekitar 10 menit hingga mengental. 

Panaskan sisa susu dan kayu manis dengan api sedang. Setelah mulai mendidih, tuang susu ke baking tray. Masukkan tepung, lalu aduk rata. Dinginkan di kulkas hingga teksturnya padat.

Keluarkan lalu potong kotak-kotak. Panaskan minyak zaitun dan mentega untuk menggoreng. Baluri adonan dengan sisa tepung, celupkan dalam kocokan telur. Goreng hingga kecoklatan. 

14. Silky Puding Biskuit Marie

Alternatif camilan lain dari bahan dasar susu adalah silky puding. Siapkan 150 ml susu Nutrilon Royal 3 yang sudah didiamkan sebentar di suhu ruang agar tidak terlalu panas. 

Campurkan susu dengan 1 sdm datar bubuk agar plain, vanili, dan gula garam. Didihkan di atas kompor, lalu matikan api. Masukkan larutan maizena, nyalakan lagi apinya dan aduk sebentar. Matikan api.

Tuang adonan ke dalam cetakan agar yang sudah diisi potongan biskuit marie. Simpan di kulkas sampai dingin dan padat.

15. Macaroni Cheese Ball

Kombinasi makaroni dan keju sudah pasti jadi camilan anak 1 tahun paling favorit. Rebus makaroni dalam air mendidih yang sudah diteteskan 1/2 sdt minyak agar makaroni tidak saling menempel.

Tumis bawang bombay dengan butter sampai wangi, lalu masukkan parutan wortel, keju, dan seledri sambil tuang susu sedikit demi sedikit.

Aduk sampai mengental, lalu tambahkan sejumput garam dan merica. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, selanjutnya masukkan makaroni rebus. Aduk lagi, lalu matikan kompor.

Bentuk adonan bulat-bulat, celupkan ke telur lalu ke tepung roti. Goreng sampai coklat keemasan. Sajikan hangat-hangat bersama segelas susu Nutrilon Royal 3.

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

Nutrilon Royal 3 adalah satu-satunya formula pertumbuhan yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA EPA lebih tinggi yang teruji klinis perkuat imunitas dan bantu maksimalkan inteligensi si Kecil.

Ingin dapatkan promo menarik yang berhadiah eksklusif dari setiap pembelian susu Nutrilon Royal 3? Yuk, daftar membership Nutriclub!

Dengan jadi member, Mama juga bisa dapatkan akses eksklusif ke lebih banyak konten seputar pemenuhan gizi anak yang tervalidasi expert dan bertanya langsung pada tim Nutriclub Expert Advisors yang siap 24/7 mendampingi Mama tumbuhkan Anak Pemenang.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Office of Dietary Supplements - Omega-3 Fatty Acids. (2022). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Omega3FattyAcids-Consumer/
  2. Freydis Hjalmarsdottir, MS. (2019, September 30). 12 Foods That Are Very High in Omega-3. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/12-omega-3-rich-foods
  3. WebMD Editorial Contributors. (2020, November 11). Foods High in Prebiotics. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-prebiotic
  4. Table 2: The food items with the highest EPA and DHA density(mg of EPA... (2015). ResearchGate; ResearchGate. https://www.researchgate.net/figure/The-food-items-with-the-highest-EPA-and-DHA-densitymg-of-EPA-and-DHA-per-100-g-food_tbl2_286452375
  5. 0. (2018, October 29). What is the difference between prebiotics and probiotics? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323490
Artikel Terkait