Loading...
Cemilan anak sehat - Nutriclub.
Nutrisi

12 Camilan Anak yang Sehat dan Enak

Disusun oleh: Tim Penulis

Diterbitkan: 16 Agustus 2024


  • Nutrisi yang Disarankan Ada pada Camilan Anak
  • Daftar Camilan Anak yang Enak dan Bergizi

Ada banyak bahan makanan yang bisa diolah menjadi cemilan anak 1 tahun sehat dan pastinya lezat. Temukan daftarnya di bawah ini!

Nutrisi yang Disarankan Ada pada Camilan Anak

Anak umur 1 tahun boleh makan snack sebanyak 1-2 kali sehari untuk bantu penuhi kebutuhan kalorinya. Berikut ini nutrisi yang sebaiknya ada dalam cemilan anak: 

  • Zat besi. Harus dipenuhi untuk mencegah anemia pada anak. 
  • Lemak sehat. Sumber nutrisi utama untuk bantu penuhi kebutuhan kalori anak.  
  • DHA dan EPA. Asam lemak esensial untuk dukung perkembangan otak yang optimal.  
  • Protein. Untuk membangun organ tubuh secara optimal termasuk tulang, otot, dan kulit. 
  • Karbohidrat. Sumber energi utama untuk anak.
  • Serat. Bantu perkuat imunitas si Kecil. 
  • Kalsium. Penting bagi pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat
  • Vitamin. Membantu tubuh melawan infeksi, menyembuhkan luka, dan kekuatan tulang.  

Daftar Camilan Anak yang Enak dan Bergizi

Mulai usia anak 1 tahun boleh makan hampir semua jenis makanan, termasuk madu yang jadi pantangan di masa bayi. Berikut rekomendasi camilan untuk anak yang bergizi: 

1. Nugget Mackerel

Ada banyak jenis ikan yang bagus untuk kecerdasan otak anak, seperti mackerel.

Ikan mackerel tinggi omega 3, protein, selenium, iodin, tembaga, zat besi, vitamin D, dan vitamin B ini tidak hanya cocok dijadikan lauk makanan utama. 

Mackerel juga bisa dibuat menjadi cemilan anak yang rasanya enak, misalnya roti panggang dengan topping mackerel pate yang gurih.

Mama juga bisa menjadikan mackerel pate cocolan untuk cemilan lain seperti kentang goreng, sayur kukus, atau alpukat potong.  

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak, Dari Mata Hingga Otak 

2. Salmon Roll

Selain kaya DHA dan EPA yang penting untuk perkembangan otak, salmon juga kaya akan protein, vitamin B kompleks, kalium, selenium, dan astaxanthin (komponen antioksidan).  

Oleh karena itu, salmon bisa Mama olah menjadi cemilan anak yang lezat dan kaya gizi. Misalnya, Mama bisa membuat gimmari (camilan khas Korea). Biasanya camilan ini diisi bihun. 

Mama bisa ganti atau menambahi isiannya dengan mashed potato dan salmon kukus. Bentuk memanjang, lalu balut dengan nori. Celup dalam tepung, lalu goreng hingga keemasan. 

3. Silken Tofu

Silken tofu adalah sumber protein nabati yang paling lengkap sehingga bagus untuk dukung pertumbuhan anak. Disamping itu, makanan ini juga kaya akan zat besi dan kalsium. 

Dalam 56 gram tahu, terkandung 1 mg zat besi, sehingga mampu memenuhi 14% kebutuhan harian anak akan nutrisi ini. 

Mama bisa membuatnya menjadi finger food dengan menghancurkan tofu lalu campur dengan telur dan keju. Karena rasanya tawar dan lembut, tofu juga bisa dibuat smoothies buah. 

4. Egg Tart 

Telur mengandung protein, lemak sehat, kolin, selenium, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, zat besi untuk perkembangan otak yang optimal, serta antioksidan lutein dan zeaxanthin untuk mendukung kesehatan mata.

Selain diolah menjadi egg tart, banyak pilihan cemilan anak yang dibuat dari telur seperti telur gulung Jepang, egg pudding, dan masih banyak lagi. 

5. Chicken Popcorn

Bahan makanan satu ini juga bisa Mama manfaatkan untuk membuat camilan kaya protein untuk si Kecil. Salah satunya adalah chicken popcorn

Jadi, daging giling dicampur dengan telur dan dibentuk bulatan pipih. Sesuaikan ukuran dengan genggaman tangan si Kecil. Setelah dibalur tepung, Mama tinggal goreng hingga matang. 

6. Banana Ice Cream

Tidak hanya manis dan bertekstur lembut, pisang juga mengandung serat sehat prebiotik bernama inulin yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. 

Prebiotik dapat memicu tumbuhnya bakteri baik probiotik sehingga saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan kuat. Dengan begitu, kuman jahat tidak mudah menginfeksi tubuh. 

Pisang bisa dibuat menjadi bermacam-macam camilan lezat seperti banana smoothies, banana ice cream, frozen yogurt banana berries bark, hingga banana muffin

Baca Juga: 10 Resep Makanan Anak 1 Tahun yang Susah Makan

7. Roti Sandwich Alpukat

Dalam 75 gram alpukat segar terdapat 9 gram lemak sehat yang dapat digunakan tubuh anak sebagai sumber kalori, perkembangan otak, dan menjaga kesehatan jantung. 

Disamping itu, alpukat juga mengandung serat prebiotik bernama pectin yang dibutuhkan tubuh untuk sehatkan pencernaan dan bantu tingkatkan imun. 

Beberapa inspirasi alpukat untuk cemilan anak adalah membuatnya menjadi avocado egg finger sandwich, berry avocado skewer, atau avocado cheese tortilla.  

8. Pudding Strawberry

Selain tinggi vitamin C, buah strawberry ternyata mengandung asam lemak omega 3 yang baik bagi otak. 

Selain itu, strawberry juga tinggi serat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat bantu tingkatkan sistem imun tubuh si Kecil. 

Buah yang bentuknya mungil ini bisa dimakan langsung, dicelup yogurt atau dicampur cream cheese. Mama juga bisa olah menjadi ice cream, pudding, selai, dan masih banyak lagi. 

9. Krim Keju dan Biskuit Gandum 

Keju tidak boleh ketinggalan untuk diolah menjadi camilan anak 1 tahun karena menawarkan protein, lemak, kalsium, selenium, zincvitamin A, dan vitamin B12. 

Mama bisa memberikan keju potong pada anak untuk langsung dimakan. Selain itu, Mama bisa menjadikan produk olahan susu ini sebagai taburan, olesan roti, atau campuran adonan biskuit. 

10. Full-Fat Yogurt

Full-fat yogurt merupakan produk olahan susu yang kaya probiotik (bakteri baik) sehingga sangat baik untuk dijadikan cemilan anak. 

Bakteri baik berfungsi melindungi saluran pencernaan si Kecil agar tetap sehat. Disamping itu, full-fat yogurt juga tinggi akan kalsium, protein, lemak, kalium, zinc, vitamin A, dan B. 

Seluruh nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh anak agar tumbuh optimal. Dalam memilih yogurt, pastikan Mama membeli yang tidak mengandung gula, pewarna, dan perasa buatan. 

Baca Juga: Anak Tidak Mau Makan Nasi, Amankah? Ini Solusinya

11. Nori

Nori memiliki yodium dan asam amino tirosin yang dibutuhkan tubuh anak untuk meregulasi hormon dengan baik.

Pilih nori yang belum diolah dengan tambahan garam atau perasa buatan. Namun, jangan berikan si Kecil nori terlalu banyak dan terlalu sering untuk menghindari kadar yodium yang berlebihan.  

Supaya rasa nori semakin enak dan gurih, Mama bisa memanggang dan mengolesi dengan olive oil. Bisa juga digunakan untuk campuran finger food seperti potato cheese stick

12. Almond Panggang

Kacang-kacangan perlu dikonsumsi si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya. Salah satu pilihannya adalah almond. 

Kacang satu ini kaya akan zat besi, kalsium, protein, zinc, serat, lemak sehat, dan zat antioksidan. Namun, pastikan Mama tidak memberikan almond utuh pada si Kecil. 

Sebab kacang ini mudah membuat tersedak. Berikan almond yang telah dihancurkan atau dipotong tipis-tipis. Bisa dicampur brownies atau dijadikan taburan es krim. 

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

Jangan lupa dampingi pemberian cemilan anak dengan susu pertumbuhan tinggi DHA seperti Nutrilon Royal 3. 

Nutrilon Royal 3 satu-satunya formula yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA EPA lebih tinggi yang teruji klinis perkuat imunitas dan bantu maksimalkan inteligensinya untuk persiapkan si Kecil untuk menang.

Mama bisa dapatkan panduan optimalkan imun si Kecil dari makanan bergizi dengan mengunduh Ebook Kreasi Nutrisi secara gratis. Yuk, unduh sekarang juga!

 

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi?utm_source=newsletter&utm_medium=email&utm_campaign=idai-newsletter&utm_content=Booklet+Pemberian+Makanan+Pendamping+Air+Susu+Ibu+%28MPASI%29
  2. IDAI | Makanan Pendamping ASI (MPASI). (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi
  3. ‌Sample Menu for a 1-Year-Old Child. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/feeding-nutrition/Pages/Sample-One-Day-Menu-for-a-One-Year-Old.aspx
  4. McCulloch, M. (2023, November 30). 12 Health Benefits of DHA (Docosahexaenoic Acid). Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/dha-benefits
  5. Streit, L. (2018, September 27). Micronutrients: Types, Functions, Benefits and More. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/micronutrients#benefits
  6. What Are Carbohydrates? (for Kids). (2024). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/kids/carb.html
  7. Health. (2024). Vitamins and minerals. Vic.gov.au. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/Vitamins-and-minerals
  8. NHS Choices. (2024). Foods to avoid giving babies and young children. https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/foods-to-avoid-giving-babies-and-young-children/#:~:text=Honey,re%20over%201%20year%20old.
  9. Franziska Spritzler. (2016, December 20). Salmon Nutrition and Health Benefits. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/salmon-nutrition-and-health-benefits#5
  10. Bhattacharya, M. (2022, June 15). What Are the Health Benefits of Mackerel? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/what-are-health-benefits-mackerel
  11. Streit, L. (2016, August 16). How Many Calories Are in an Egg? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/calories-in-an-egg#nutrition
  12. Wartenberg, L. (2020, January 20). 12 Healthy and Practical Foods for 1-Year-Olds. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/food-for-1-year-old#5.-Eggs
  13. 5 Foods to Improve Your Digestion. (2021, September 13). Www.hopkinsmedicine.org. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-foods-to-improve-your-digestion
  14. Semeco, A. (2023, October 31). The 20 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods#avocado
  15. Which Cheeses are Best for Baby? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/cheese/
  16. O’Brien, S. (2018, May 28). 7 Surprising Health Benefits of Eating Seaweed. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-seaweed#vitamins-minerals
Artikel Terkait