Loading...
Cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas - Nutriclub
Perkembangan Otak

15 Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun agar Cerdas & Berprestasi

Disusun oleh: Tim Penulis

Diterbitkan: 12 September 2024


  • Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun agar Cerdas

Sebagai orang tua, penting mengetahui cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas dan siap tumbuh jadi pemenang di masa depan. Yuk, cari tahu di sini!

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun agar Cerdas

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Mama dan Papa ajarkan pada anak usia 2 tahun:

1. Sering Ajak Anak Bicara

Menginjak usia 2 tahun, anak umumnya sudah bisa melafalkan kata bermakna seperti “susu” dan “tidur”. Bahkan, ia bisa membuat kalimat yang terdiri dari 1-4 kata. 

Namun, bila si Kecil belum banyak bicara, coba sering mengajaknya ngobrol. Mama bisa rutin mengajak anak bicara dengan menceritakan setiap hal yang sedang dilakukan bersamanya. 

Entah itu saat mandi, menggantikan pakaian, hingga menyiapkan makanan. Dengan begitu, ia akan terbiasa mendengar berbagai kosakata baru. Ia pun akan jadi lebih sering bicara. 

2. Berikan Mainan Sesuai Usianya

Pemberian mainan dapat bantu anak menguasai keterampilan baru. Dengan memilih mainan yang sesuai dengan perkembangan, si Kecil pun akan merasa tertantang. 

Di usia ini, Mama bisa berikan mainan edukatif seperti balok, puzzle, atau permainan mencocokkan bentuk yang dapat bantu mengembangkan keterampilan motorik halusnya. `

Menguasai permainan sesuai dengan usia juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, kesadaran spasial, dan perkembangan kognitif si Kecil.

Baca Juga: Kenali Kecerdasan Interpersonal Anak, Ciri, dan Cara Melatihnya

3. Membaca Buku Bersama

Membaca buku bersama adalah cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas sehingga dapat meningkatkan kemampuan bahasa, kosakata, serta keterampilan kognitifnya. 

Membaca juga bantu anak belajar berbagai konsep seperti warna, bentuk, angka, dan huruf, yang jadi pondasi untuk pembelajaran lebih lanjut. 

Tak hanya itu, minat dan kemampuan literasinya pun dapat terasah sejak dini. Biarkan si Kecil memilih mana buku favoritnya dan bacakan dengan mimik wajah dan nada ekspresif. 

4. Hindari Screen Time Terlalu Lama

Mama perlu menerapkan batasan screen time yang tentunya tidak terlalu lama pada anak usia 2 tahun. Batasi tidak lebih dari satu jam setiap harinya, Ma.

Banyak screen time ternyata juga berdampak negatif bagi kemampuan bahasa dan berpikir si Kecil. Ini karena anak menjadi pasif dan minim interaksi sosial. 

Sebab, ia hanya melihat gambar dan video dengan cepat tanpa memberi kesempatannya untuk memproses informasi. 

5. Ajak Anak Beraktivitas di Luar Rumah

Cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas berikutnya adalah dengan mengajaknya beraktivitas di luar rumah. 

Misalnya jalan-jalan di taman komplek sambil bermain bola, berlari, melompat, atau bermain hide and seek

Langkah ini bisa mengasah keterampilan motorik kasar, koordinasi, dan keseimbangan. Selain itu, ia juga berkesempatan menjelajah lingkungan dan mengembangkan keterampilan sosial. 

Baca Juga: Ide Kegiatan Anak 2 Tahun untuk Optimalkan Tumbuh Kembangnya

6. Ajarkan Huruf Alfabet dan Angka

Di tahun kedua ini, anak sudah bisa diajari berbagai huruf alfabet dan angka, guna menciptakan pondasi berbahasa dan berhitung agar tumbuh cerdas jadi pemenang di masa depan.

Mama bisa menggunakan mainan edukasi anak 2 tahun atau menunjuk huruf pada buku, mainan, atau lagu. Begitu pula untuk mengajarkan ia berhitung. 

Gunakan juga permainan atau kartu bergambar yang membuat proses pembelajaran menjadi seru dan menyenangkan.

7. Ajak Anak Berinteraksi dengan Teman Sebaya

Mengajak si Kecil berinteraksi dengan teman sebaya juga menjadi cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas selanjutnya. Untuk itu, coba biarkan ia bermain dan berinteraksi dengan teman sebaya.

Dengan bermain bersama orang lain, anak akan belajar bermain bergantian sekaligus memahami pentingnya berbagi saat berinteraksi.

Mama juga dapat sekaligus mengajarkan si Kecil untuk bermain bola secara bergiliran, atau mengajarkannya membagi permen agar dapat dimakan bersama teman-temannya.

8. Beri Kesempatan Eksplorasi

Anak usia 2 tahun umumnya punya rasa ingin tahu yang besar. Oleh karena itu, memberikan kesempatan si Kecil untuk mengeksplorasi lingkungan baru ternyata sangat penting. 

Misalnya, mengajak anak pergi berbelanja ke supermarket atau pusat perbelanjaan dan narasikan apa yang dilihat dapat berdampak baik bagi tumbuh kembangnya. 

Semakin banyak pengalaman yang si Kecil rasakan, maka semakin banyak pembelajaran yang ia dapat, Ma. 

Baca Juga: Ide Eksperimen Sains Sederhana untuk Anak Usia Prasekolah

9. Miliki Quality Time Bersama

Cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas juga bisa dengan rutin mengalokasikan waktu quality time bersama. 

Selain bermain, Mama dapat melakukan berbagai stimulasi untuk anak 2 tahun seperti memasak bersama, berkebun, menyiram tanaman, atau memberi makan hewan peliharaan. 

Ragam stimulasi tersebut dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil agar dapat tumbuh cerdas, percaya diri, dan berprestasi jadi pemenang di masa depan. 

10. Minta Anak Membantu Pekerjaan Rumah

Meminta anak membantu pekerjaan rumah dapat menjadi cara efektif mendidik anak usia 2 tahun lho, Ma! 

Cara ini dapat bantu mengajarkan kemandirian, tanggung jawab, hingga mengasah keterampilan motorik dasar. 

Misalnya dengan meminta ia membereskan mainan, menaruh pakaian kotor ke dalam keranjang, maupun menyiram tanaman bersama. 

11. Ajarkan Anak Sopan Santun

Mengajarkan anak sopan santun merupakan contoh cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas. Tujuannya adalah mengoptimalkan perkembangan emosi anak. 

Sebagai contoh, mengucapkan terima kasih saat diberi sesuatu, minta maaf bila berbuat salah, mengucap salam saat datang dan pergi dari rumah, serta mengucapkan ‘tolong’ saat meminta sesuatu. 

Baca Juga: Apa Itu Fase Terrible Two pada Anak dan Bagaimana Mengatasinya?

12. Ajarkan Anak Disiplin

Mengajarkan anak disiplin ternyata juga sudah bisa diterapkan pada usia 2 tahun. Mama bisa menerapkannya pada aktivitas sehari-hari si Kecil.

Contohnya dengan menentukan kapan waktu si Kecil bisa bermain di luar rumah, waktu untuk tidur di malam hari, hingga menetapkan batas waktu untuk menonton televisi di akhir pekan.

13. Melatih Kemandirian

Anak usia 2 tahun sudah bisa mulai dididik untuk mandiri. Ini adalah usia yang baik untuk memperkenalkan keterampilan dasar yang dapat bantu mereka menjadi lebih mandiri seiring waktu.

Misalnya mengajarkan anak memilih pakaian yang akan mereka kenakan, atau makanan ringan yang ingin mereka makan. Ini bisa bantu ia merasa lebih percaya diri dan bertanggung jawab.

14. Puji Apa yang Berhasil Dilakukan si Kecil

Dengan memberikan pujian, si Kecil akan merasa usaha dan kerja kerasnya dihargai. Langkah ini juga dapat membantunya merasa lebih percaya diri dengan kemampuannya. 

Memuji anak atas apa yang dilakukannya dapat bantu memotivasi anak untuk dapat terus berkembang dan belajar lebih baik lagi ke depannya. 

15. Hindari Terlalu Keras pada Anak

Cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas selanjutnya adalah Mama Papa tidak perlu bertindak terlalu keras pada si Kecil.

Ingat, anak-anak belajar dengan meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Pastikan Mama Papa menunjukkan perilaku lembut dan penuh kasih dalam interaksi sehari-hari. 

Jika menginginkan anak bersikap lembut, tunjukkan bagaimana Mama menangani situasi dengan tenang dan penuh perhatian.

Baca Juga: Cara Mengasah Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Sejak Dini

Itulah berbagai hal yang Mama Papa lakukan untuk mendidik anak di usia 2 tahun yang bisa diterapkan di rumah. 

Jangan lupa tingkatkan potensi si Kecil agar siap jadi pemenang di masa depan melalui stimulasi 8 winning skills

Supaya tumbuh kembang si Kecil optimal, Mama perlu memberi asupan nutrisi yang optimal dari menu makanan bergizi dan tambahan susu pertumbuhan untuk kecerdasan anak agar siap menjadi pemenang di masa depan!

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Romita P. (2019, June 11). Top 12 Tips on How to Make a Baby Smart and Intelligent. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-10-tips-on-how-to-make-baby-smart-and-intelligent/
  2. Crider, C. (2020, August 28). Raising a Smart Baby: How to Build Your Child’s Brain Power. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/smart-baby#raising-a-smart-baby
  3. 2-3 years: toddler development. (2024, February 22). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/toddlers/development/development-tracker-1-3-years/2-3-years
  4. Memon, N. (2022, May 26). How Can I Make My Child Intelligent? 12 Tips to Boost Intelligence. MedicineNet; MedicineNet. https://www.medicinenet.com/how_can_i_make_my_child_intelligent/article.htm
  5. 2 Year Old Child Development Milestones - Children’s Hospital of Orange County. (2023, February 21). Children’s Hospital of Orange County. https://choc.org/primary-care/ages-stages/2-years/
Artikel Terkait