Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Tinggi anak usia 1 tahun - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Tinggi Anak Usia 1 Tahun yang Ideal dan Cara Mencapainya

Disusun oleh: Tim Penulis

Diterbitkan: 11 Juli 2024


  • Tinggi Badan Anak Usia 1 Tahun
  • Cara agar Tinggi Anak 1 Tahun Ideal

Kenaikan tinggi anak usia 1 tahun perlu Mama perhatikan untuk memastikan si Kecil sudah tumbuh sesuai usianya. Jadi, berapa tinggi badan ideal anak tahun ini dan adakah cara menambahnya?

Tinggi Badan Anak Usia 1 Tahun

Tinggi badan anak rata-rata tumbuh 1 cm per bulan. Tinggi badan anak usia 1 tahun yang ideal menurut WHO dan Kemenkes RI adalah:

  • Anak laki-laki: 71 - 78,1 cm, dengan berat badan 7,7 - 10,8 kg. 
  • Anak perempuan: 68,9 - 76,6 cm, dengan berat badan 7,0 - 10.1 kg.

Namun, angka di atas bukan patokan yang saklek. Kecepatan pertumbuhan anak yang satu dan yang lainnya bisa berbeda meski umurnya sepantaran.

Rutinlah bawa si Kecil ke dokter untuk mengukur pertambahan tinggi dan berat badan dengan lebih akurat. Pemeriksaan di dokter juga penting untuk mendeteksi apabila ada tanda-tanda gangguan tumbuh kembang.

Cara agar Tinggi Anak 1 Tahun Ideal

Kunci paling penting agar tinggi anak usia 1 tahun optimal adalah memastikan gizi dan stimulasi yang tepat. Berikut beberapa cara yang bisa Mama lakukan agar anak tumbuh tinggi:

1. Penuhi Asupan Protein 

Penelitian menyebutkan, anak yang asupan proteinnya tercukupi sejak usia dini lebih cepat tumbuh tinggi.

Ini karena asupan protein yang mencukupi bantu memproses metabolisme asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan struktur tulang dan massa otot. 

Mama bisa berikan makanan tinggi protein seperti daging sapi, daging ayam, ikan dan seafood, telur, hingga bayam, asparagus, serta kacang dan biji-bijian. 

2. Pastikan Menu Makan Bergizi Seimbang

Selain protein, Mama juga harus memastikan gizi anak seimbang agar ia bisa tumbuh tinggi.

Beberapa jenis gizi yang bisa bantu optimalkan pertumbuhan tinggi anak usia 1 tahun adalah kalsium, vitamin D, magnesium, fosfor, yodium, zat besi, fluorida, dan mangan.

Vitamin D, magnesium, dan fosfor terlibat langsung dalam kesehatan tulang, yang penting bagi pertumbuhannya.

Baca Juga: 10 Menu Makan Anak 1 Tahun dan Nutrisi yang Harus Dipenuhi

3. Berikan Susu Pertumbuhan

Seluruh jenis nutrisi yang penting untuk menambah tinggi badan anak bisa Mama dapatkan dari makanan sehari-hari.

Namun agar si Kecil bisa tumbuh dengan optimal, Mama juga sebaiknya lengkapi asupan gizi hariannya dengan pemberian susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 3.

Susu Nutrilon Royal 3 satu-satunya susu pertumbuhan tinggi kalsium yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA EPA lebih tinggi yang teruji klinis perkuat imunitas dan bantu maksimalkan inteligensi anak.

Nutrilon Royal juga diperkaya 12 vitamin serta 9 mineral penting yang membantu pertumbuhan dan perkembangan optimal si Kecil.

4. Gelantungan di Monkey Bar 

Salah satu faktor penentu tumbuh kembang anak selain nutrisi adalah stimulasi. Agar tumbuh tinggi, sering-seringlah ajak si Kecil beraktivitas fisik seperti bergelantungan di monkey bar.

Bergelantungan di monkey bar dapat memperkuat otot punggung dan meregangkan tulang belakang untuk membantu si Kecil memiliki postur tubuh yang lebih baik sehingga menambah tinggi badan.

5. Ikut Les Berenang

Aktivitas lain untuk menambah tinggi anak usia 1 tahun adalah les berenang. Berenang secara rutin bantu meregangkan otot-otot dan persendian sehingga memberi efek badan lebih panjang. 

Menurut penelitian, anak-anak yang diikutkan les renang sejak usia sangat dini bisa lebih cepat tinggi dibandingkan teman-teman sepantaran yang tidak pernah les renang.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Anak 1-2 Tahun

6. Jogging Bersama

Ajak anak jogging bersama di sekitar rumah setiap pagi atau sore hari.

Bila dilakukan rutin, jogging ternyata bantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan anak. Jogging rutin juga membuat tulang dan otot kaki si Kecil jadi lebih kuat sehingga ia bisa cepat tumbuh.

7. Stretching

Stretching atau peregangan bantu meningkatkan kelenturan otot, menjaga postur tubuh yang baik, dan membantu memanjangkan tulang belakang yang berkontribusi pada kenaikan tinggi anak usia 1 tahun. 

8. Pastikan Anak Tidur Cukup

Usia 1-3 tahun adalah masa pertumbuhan anak yang paling vital. Jadi selain dari nutrisi dan stimulasi, penting juga memastikan anak cukup tidur agar pertumbuhannya berjalan optimal.

Saat tidur, tubuh anak akan melepaskan human growth hormone (HGH), yakni hormon pertumbuhan yang bantu ia tumbuh tinggi. 

Anak usia 1 tahun ke atas biasanya butuh tidur 11-14 jam setiap harinya, yang sudah termasuk durasi tidur siang. 

9. Rutin Berjemur 

Vitamin D adalah nutrisi penting yang bantu proses penyerapan kalsium untuk menumbuhkan tulang kuat. Oleh karena itu, vitamin D penting untuk optimalkan tinggi anak 1 tahun.

Sumber vitamin D terkaya yang paling mudah didapat adalah dari sinar matahari pagi. Vitamin D dari sinar matahari pagi pun lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding dari makanan.

Mama dapat mengajak si Kecil rutin berjemur pada pukul 08.00 - 10.00 pagi selama kurang lebih 15-20 menit. 

Baca Juga: Berat Badan Anak 1 Tahun yang Ideal dan Cara Menaikkannya

Semoga dengan terus rutin menerapkan tips-tips di atas, si Kecil bisa tumbuh tinggi, ya!

Mama juga dapat tanyakan langsung perihal tumbuh kembang anak dan tips pemenuhan gizinya pada tim Nutriclub Expert Advisor yang siap 24/7 dampingi Mama.

Jangan lupa daftar di Nutriclub untuk dapat akses eksklusif ke lebih banyak konten digital dan artikel parenting lengkap yang tervalidasi expert.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Nair, A. (2018, June 26). How to Increase Height in Kids? FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf.
  3. Silver, N. (2017, April 17). How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#how-to-increase-height
  4. Barrell, A. (2020, January 17). What factors influence a person’s height? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327514#how-to-increase-height-during-development
Artikel Terkait