Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

pertumbuhan gigi bayi yang tidak normal - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Penyebab Pertumbuhan Gigi Bayi Tidak Normal dan Ciri-Cirinya

Foto Reviewer

Disusun oleh: Tim Penulis

Ditinjau oleh: Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

Diterbitkan: 11 Juli 2024


  • Penyebab Gigi Bayi Tumbuh Tidak Normal
  • Bayi Tumbuh Gigi Paling Lambat Umur Berapa?
  • Ciri Pertumbuhan Gigi Bayi yang Tidak Normal
  • Bisakah Memperbaiki Gigi Bayi yang Tidak Normal?

Gigi pertama bayi biasanya tumbuh di usia 6–10 bulan, atau selambat-lambatnya di usia 12 bulan. Apa penyebab pertumbuhan gigi bayi yang tidak normal dan seperti apa ciri-cirinya?

Penyebab Gigi Bayi Tumbuh Tidak Normal

Pertumbuhan gigi bayi sangat dipengaruhi genetik. Jika pernah ada anggota keluarga yang giginya tumbuh terlambat, si Kecil mungkin juga mewarisinya. Selain itu, penyebabnya adalah:

1. Lahir prematur

Bayi yang lahir prematur cenderung terlambat mencapai milestone perkembangan, termasuk pertumbuhan gigi, karena dilihat secara usia biologis usia anak prematur memang lebih muda.

Bayi prematur akan dinilai berdasarkan 'usia koreksi', yaitu usia bayi yang seharusnya dimulai di hari perkiraan lahirnya, bukan pada hari ia dilahirkan lebih awal.

Beberapa bayi yang lahir prematur juga rentan akan mengalami masalah pertumbuhan yang parah akibat berbagai komplikasi dan asupan gizi yang mungkin tak mencukupi.

2. Berat Lahir Rendah (BBLR)

Memiliki berat <1.500 gram saat lahir biasanya dapat meningkatkan risiko gangguan tumbuh kembang, termasuk pertumbuhan gigi bayi yang tidak normal.

Bayi dengan BBLR cenderung memiliki tubuh yang tidak kuat seperti bayi normal, sehingga sering mengalami gangguan tumbuh kembang.

Kondisi ini terjadi karena beberapa organ tubuh belum berkembang matang, yang akan memengaruhi progres tumbuh kembangnya.

Baca Juga: Waspadai Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak

3. Malnutrisi Kronis

Malnutrisi yang terjadi sejak usia dini, yang termasuk defisiensi kalsium, fosfat, dan vitamin (A, C dan D) dapat meningkatkan risiko terjadinya cacat pada pembentukan gigi (odontogenesis).

Malnutrisi kronis juga dapat menyebabkan pertumbuhan gigi (erupsi gigi) tertunda, dan perubahan pada gigi.

Kekurangan nutrisi selama dalam kandungan dan kehidupan awal bayi dapat membuat pertumbuhan giginya terlambat 1-4 bulan daripada seharusnya.

4. Gangguan Endokrin

Sistem endokrin bertanggung jawab atas produksi hormon, termasuk hormon pertumbuhan dan perkembangan gigi. 

Anak-anak yang mengalami kelainan endokrin mungkin mengalami keterlambatan tumbuh gigi atau tulang rahang yang kurang berkembang.

Pertumbuhan gigi bayi yang tidak normal juga dapat berwujud sebagai:

  • Hipodontia: sebagian gigi tidak tumbuh.
  • Mikrodontia: gigi tumbuh lebih kecil dari ukuran normal dan mengerucut, atau
  • Makrodontia: dua gigi depan di rahang atas lebih besar dan panjang, atau disebut gigi kelinci.

5. Down Syndrome

Gigi anak pengidap Down Syndrome mungkin akan tumbuh terlambat dibandingkan anak yang terlahir tanpa Down Syndrome

Rata-rata bayi dengan sindrom Down akan tumbuh gigi pertama kali pada usia 12-14 bulan, tapi mungkin baru pertama kali muncul pada usia 24 bulan. Gigi susu baru akan lengkap di usia 4-5 tahun. 

6. Kondisi Langka

Selain beberapa penyebab di atas, beberapa kondisi langka dapat meningkatkan risiko pertumbuhan gigi bayi yang tidak normal. Beberapa contohnya adalah:

  • Cleidocranial dysplasia (CCD), yang menyebabkan gigi “tersangkut di dalam gusi”.
  • Ectodermal dysplasias, menyebabkan beberapa gigi tidak tumbuh atau tumbuh dengan bentuk abnormal.
  • Zimmermann-Laband-1 syndrome, menyebabkan gusi di area geraham terus membesar sehingga menghambat keluarnya gigi.
  • Axenfeld–Rieger Syndrome, menyebabkan gigi tumbuh berukuran sangat kecil atau tidak memiliki “calon” gigi di dalam gusi. 

Baca Juga: Normalkah Bayi Usia 11 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

Bayi Tumbuh Gigi Paling Lambat Umur Berapa?

Biasanya gigi pertama bayi tumbuh pada usia 6-12 bulan. Namun, ada juga yang mulai tumbuh di 4 bulan atau selambat-lambatnya di usia sekitar 2 atau 3 tahun. 

Berikut adalah tabel pola pertumbuhan gigi yang normal: 

Jenis Gigi

Lokasi

Usia Gigi Tumbuh

Gigi seri tengah

Rahang bagian atas

8-12 bulan

Gigi seri lateral (dekat taring)

Rahang bagian atas

9-13 bulan

Gigi taring

Rahang bagian atas

16-22 bulan

Gigi geraham pertama

Rahang bagian atas

13-19 bulan

Gigi geraham kedua

Rahang bagian atas

25-33 bulan

Gigi seri tengah

Rahang bagian bawah

6-10 bulan

Gigi seri lateral (dekat taring)

Rahang bagian bawah

10-16 bulan

Gigi taring

Rahang bagian bawah

17-23 bulan

Gigi geraham pertama

Rahang bagian bawah

14-18 bulan

Gigi geraham kedua

Rahang bagian bawah

23-31 bulan

 

Lantas, apa saja ciri-ciri gigi bayi tumbuhnya tidak normal? 

Baca Juga: Ciri-Ciri Bayi Mau Tumbuh Gigi dan Tahapan Proses Teething

Ciri Pertumbuhan Gigi Bayi yang Tidak Normal

Pertumbuhan gigi bayi dikatakan terlambat atau tidak normal jika:

  • Gigi bayi tidak tumbuh sesuai dengan pola seharusnya.
  • Gigi sudah tumbuh saat bayi baru lahir. Umumnya gigi ini tidak berkembang seutuhnya dan akarnya mungkin lemah.
  • Gigi tumbuh prematur, di usia 0-1 bulan setelah bayi lahir. 
  • Gigi susu si Kecil belum lengkap ada 20 pada usia 4 tahun. Biasanya gigi susu sudah tumbuh lengkap pada usia 3 tahun. 

Bisakah Memperbaiki Gigi Bayi yang Tidak Normal?

Pertumbuhan gigi bayi yang tidak normal dapat diperbaiki hanya dengan tindakan medis dari dokter gigi setelah mengetahui apa akar penyebabnya.

Setelah pemeriksaan menyeluruh dilakukan, baru dokter bisa memutuskan tindakan apa yang perlu diberikan pada si Kecil agar kondisi giginya menjadi lebih baik. 

Apabila masih memiliki pertanyaan seputar pertumbuhan gigi, masalah kesehatan, dan tumbuh-kembang si Kecil, Mama dan Papa dapat menghubungi Nutriclub Expert Advisor

Layanan 24/7 berisi tim ahli dengan latar belakang pendidikan di bidang kebidananan, keperawatan, dan ahli gizi yang siap menemani langkah Mama dan Papa mengantarkan si Kecil menjadi pemenang di masa depan. 

Hubungi sekarang juga tanpa perlu membuat janji terlebih dahulu. Gratis!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Singh, S., Zaidi, I., Muhamad Nishad Thayath, & Sinha, A. (2015). Preterm Birth: A Primary Etiological Factor for Delayed Oral Growth and Development. Jaypee’s International Journal of Clinical Pediatric Dentistry, 8(3), 215–219. https://doi.org/10.5005/jp-journals-10005-1316
  2. Regina, S., Renato Cordeiro Gugisch, & Fabian Calixto Fraiz. (2006). The influence of gestational age and birth weight of the newborn on tooth eruption. Journal of Applied Oral Science, 14(4), 228–232. https://doi.org/10.1590/s1678-77572006000400003
  3. Nunez, K. (2021, October 13). When to See a Dentist About Your Child’s Baby Teeth Not Coming In. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/when-to-worry-about-baby-teeth-not-coming-in#causes-of-no-baby-teeth
  4. Cleidocranial dysostosis. (2024). Ucsfbenioffchildrens.org. https://www.ucsfbenioffchildrens.org/conditions/cleidocranial-dysostosis
  5. Ectodermal dysplasias: MedlinePlus Medical Encyclopedia. (2020). Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/ency/article/001469.htm
  6. ADentistry & Down Syndrome. (2024). Ndss.org. https://ndss.org/resources/dentisty-down-syndrome#:~:text=It%20is%20typical%20that%20a,8%2D9%20years%20of%20age.
  7. Guglielmi, F., Edoardo Staderini, Iavarone, F., Laura Di Tonno, & Patrizia Gallenzi. (2019). Zimmermann-Laband-1 Syndrome: Clinical, Histological, and Proteomic Findings of a 3-Year-Old Patient with Hereditary Gingival Fibromatosis. Biomedicines, 7(3), 48–48. https://doi.org/10.3390/biomedicines7030048
  8. Clinic, C. (2022). Axenfeld-Rieger Syndrome: Symptoms, Causes & Treatment. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/24093-axenfeld-rieger-syndrome
  9. Nunez, K. (2021, October 13). When to See a Dentist About Your Child’s Baby Teeth Not Coming In. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/when-to-worry-about-baby-teeth-not-coming-in
  10. Health. (2014). Teeth development in children. Vic.gov.au. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/teeth-development-in-children
  11. Natal Teeth. (2024). Stanfordchildrens.org. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=natal-teeth-90-P01862
Artikel Terkait