Loading...
Berat badan anak 5 tahun - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Berat Badan Anak 5 Tahun yang Ideal dan Cara Optimalkannya

Disusun oleh: Tim Penulis

Diterbitkan: 12 Juli 2024


  • Berat Badan Anak 5 Tahun yang Ideal
  • Cara Mengoptimalkan Berat Badan Anak 5 Tahun agar Ideal

Memantau berat badan anak sangat penting untuk mengetahui apakah ia sudah bertumbuh kembang dengan optimal. Lalu, berapa berat badan anak 5 tahun dan bagaimana cara optimalkannya?

Berat Badan Anak 5 Tahun yang Ideal

Menurut Standar Antropometri Anak Kemenkes RI, berat badan anak usia 5 tahun yang ideal adalah dengan ambang batas (z-score) -2 SD s/d +1 SD, sebagai berikut: 

  • Anak laki-laki: 14,1 - 21,0 kg dengan tinggi badan mencapai 100,7 - 123,9 cm.
  • Anak perempuan: 13,7 - 15,8 kg dengan tinggi badan mencapai 99.9 - 123.7 cm. 

Jangan panik dulu apabila si Kecil belum sesuai standar berat badan anak pada umumnya, Ma. Sebab, ada berbagai faktor pertumbuhan anak yang dapat mempengaruhi. 

Jika si Kecil bertumbuh kembang ke arah yang positif dan tidak ada tanda-tanda keterlambatan, sebaiknya tidak perlu khawatir. 

Cara Mengoptimalkan Berat Badan Anak 5 Tahun agar Ideal

Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan Mama untuk mencapai berat badan ideal anak di usia 5 tahun, yakni:

1. Sajikan Makanan Tinggi Kalori

Salah satu cara menambah berat badan anak adalah dengan memberikan makanan tinggi kalori. Anak usia 3 tahun ke atas membutuhkan sekitar 1000-1400 kkal per hari. 

Untuk menambah berat badan si Kecil, Mama bisa menyajikan makanan utama atau camilan tinggi kalori. Misalnya alpukat, ikan salmon, pisang, daging merah, daging ayam, dan telur.

Mama juga bisa berkreasi dengan memberikan minuman tinggi kalori, seperti yogurt dan jus buah kaya vitamin, mineral, dan protein yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Ragam Menu Makanan Bergizi untuk Anak Usia 3 Tahun

2. Perbanyak Asupan Karbohidrat

Mama dapat memperbanyak asupan karbohidrat sebagai cara mengoptimalkan berat badan anak. 

Akan tetapi, anak yang belum mencapai berat badan ideal umumnya tidak bisa makan dalam porsi besar. 

Maka itu, Mama bisa mengganti nasi dengan menambahkan asupan karbohidrat harian lain seperti kentang, ubi, singkong, oatmeal, dan biji-bijian utuh.

3. Tambahkan Lemak Sehat

Menambahkan lemak sehat dalam menu makanan anak sehari-hari juga menjadi salah satu cara mengoptimalkan berat badan anak 5 tahun agar ideal. 

Mama bisa menambahkan asupan makanan mengandung lemak dari bahan makanan seperti keju, cream sauce, alpukat, ikan salmon, kacang kedelai, minyak zaitun, dan mayonnaise

4. Tidak Melewatkan Waktu Makan

Cara mendapatkan berat badan yang ideal adalah dengan tidak melewatkan waktu makan. Caranya dengan membuat jadwal makan teratur dan melakukannya secara konsisten.

Dalam sehari, biasakan si Kecil untuk mengonsumsi makanan utama 3 kali disertai makan snack 2 kali. 

Baca Juga: Kebutuhan Gizi Anak yang Perlu Dipenuhi di Usia Prasekolah

5. Berikan Menu Makanan Bervariasi

Anak-anak umumnya cepat merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Maka itu, mengenalkan varian rasa dan tekstur baru makanan dapat memperkaya pengalaman makan si Kecil.

Mama dapat membentuk makanan yang disajikan agar menarik, serta menyajikannya pada wadah yang lucu. Dengan begitu, si Kecil bisa lebih antusias dalam mencicipinya. 

6. Minum Susu Pertumbuhan

Selain dari asupan makanan, Mama perlu mengoptimalkan berat badan anak dengan memberikannya susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 4. 

Nutrilon Royal 4  adalah susu pertumbuhan yang diperkaya dengan Double Biotics FOS:GOS 1:9 dan DHA EPA yang lebih tinggi. Ada pula 12 vitamin dan 9 mineral yang bantu maksimalkan tumbuh kembangnya.

Sudah teruji klinis mampu perkuat imunitas dan mengoptimalkan intelegensi si Kecil agar siap jadi pemenang di masa depan. 

7. Pastikan Anak Cukup Istirahat

Tidak hanya memperhatikan pola makan si Kecil, penting bagi Mama dan Papa memastikan anak untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. 

Terlebih, di usia ini si Kecil sedang aktif-aktifnya melakukan berbagai macam kegiatan di sekolah. Jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup, berat badan idealnya tidak bisa dicapai. 

Oleh karena itu, anak usia 5 tahun disarankan untuk mendapatkan waktu tidur sebanyak 11-13 jam setiap hari, termasuk saat tidur siang.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai berat badan anak 5 tahun yang ideal dan cara mengoptimalkannya. 

Mama juga dapat berkonsultasi langsung dengan tim Nutriclub Expert Advisor jika ingin tahu lebih banyak mengenai asupan gizi, pola makan si Kecil, pun gangguan tumbuh kembang anak yang patut diwaspadai. 

Yuk, hubungi sekarang! Tim ahli Nutriclub siap menjawab pertanyaan Mama dan Papa 24/7, gratis!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak
  2. Superadmin. (2024). Unit Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Kemkes.go.id. https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh
  3. ‌Unaiza Faizan, & Rouster, A. S. (2023, August 28). Nutrition and Hydration Requirements In Children and Adults. Nih.gov; StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK562207/
  4. Mawer, R. (2020, November 5). The 18 Best Healthful Foods to Gain Weight Fast. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/18-foods-to-gain-weight#TOC_TITLE_HDR_5
Artikel Terkait